Berapa Besar Dana Pemulihan Ekonomi Merapi?

Dana itu berasal dari sejumlah pos anggaran Kementerian/Lembaga yang belum digunakan.

Sekretaris Kantor Menteri Koordinator bidang Kesejahteraan Rakyat, Indroyono Soesilo mengatakan Pemerintah akan melakukan pemulihan kegiatan ekonomi, walaupun menggunakan sejumlah anggaran yang tersisa.

Anggaran Rp400 miliar pun disiapkan untuk memulihkan ekonomi di sekitar Merapi. Hal ini dikatakan Indroyono usai rapat penanganan bencana di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Senin 22 November 2010.

“Anggaran 2010 tinggal setengah bulan. Coba dihimpun, itu mendekati Rp400 miliar,” kata Indroyono.

Dana itu pun berasal dari sejumlah pos anggaran Kementerian/Lembaga, antara lain Kementerian Pendidikan Nasional, Kementerian Agama, Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata, Kementerian Pertanian, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian Sosial, dan Kementerian Pekerjaan Umum.

Dalam rapat itu, Pemerintah juga membahas anggaran untuk rehabilitasi dan rekonstruksi di Mentawai, Sumatera Barat, dan Wasior, Papua Barat. Dana untuk rehabilitasi dan rekonstruksi di kedua wilayah itu mencapai Rp509 miliar.

“Dana untuk rehabilitasi dan rekonstruksi di Wasior sekitar Rp141 miliar dan Rp368 miliar untuk Mentawai,” kata Indroyono.

Selain itu, Pemerintah juga menghitung jumlah kerugian di dua lokasi bencana tersebut. Kerugian di Wasior ditaksir mencapai Rp 280 miliar, sedangkan Mentawai mencapai Rp315 miliar. Sedangkan jumlah kerugian Merapi belum dapat dihitung, karena statusnya masih awas.

Indroyono mengatakan sumber dana untuk rekonstruksi dan rehabilitasi Wasior dan Mentawai diambil dari APBN dan APBD tahun anggaran 2011. Proses akan dilakukan sesegera mungkin dengan grand design yang telah disusun. (hs)

• VIVAnews

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s