Harga Semen Diperkirakan Segera Naik

Faktor penyebab lainnya adalah kondisi pasar dan kenaikan biaya produksi.

VIVAnews – Masyarakat kemungkinan harus menyediakan anggaran cukup besar untuk membangun atau merenovasi bangunan. Sebab, harga semen diperkirakan bakal naik mulai tahun depan.

“Kami masih mempelajari berapa kenaikan yang pas,” kata Direktur Keuangan Indocement Christian Kartawijaya dalam Keterangan Pers Investor Summit 2010 di Pacific Place Jakarta, Rabu 10 November 2010.

Menurut Christian, pihaknya belum bisa memastikan besaran kenaikan harga semen tahun depan. Namun, kenaikan dipastikan akan terjadi pada industri semen.

Kenaikan itu terjadi, dia menambahkan, akibat kondisi pasokan dan permintaan semen di Tanah Air saat ini sangat ketat. Faktor penyebab lainnya adalah kondisi pasar dan kenaikan biaya produksi dan operasional dari produsen semen nasional.

Salah satu faktor penyebab kenaikan biaya produksi antara lain adalah adanya rencana pengenaan tarif tunggal bongkar muat di pelabuhan. Kabarnya, tarif bongkar muat bisa menyebabkan biaya angkut industri semen naik 100-200 persen. “Hal ini akan memukul industri semen dan dampak akhirnya akan pada konsumen,” kata Christian.

Keputusan menaikan harga semen, kata Christian, tidak bisa dihindari jika memang kenaikan biaya terlalu memakan margin keuntungan perusahaan. “Besarnya kenaikan tergantung dari implikasi penerapan aturan,” ujarnya.

Industri semen mencatat, permintaan semen selama sembilan bulan pertama 2010 tumbuh sebesar 8,3 persen. Sayangnya, pertumbuhan semen 2010 kemungkinan akan kembali turun menjadi 0-6 persen sampai akhir tahun. Indocement sendiri telah menjual semen sebanyak 9,4 juta ton.

Tahun depan, diperkirakan konsumsi semen nasional bakal tumbuh sama dengan proyeksi rata-rata pertumbuhan permintaan domestik (Gross Domestic Product) sebesar 5-6 persen.

• VIVAnews

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s