Letusan Merapi Tunda Konferensi Sains 2010

Penundaan merupakan bentuk keprihatinan dan solidaritas terkait musibah letusan Merapi.

VIVAnews – Acara World Conference on Science, Education and Culture (WISDOM) 2010 yang rencananya akan dilangsungkan hari ini 8-11 November 2010 di Yogyakarta akhirnya ditunda. Meski akan tetap digelar pada Desember mendatang, tetapi detail waktunya belum ditentukan.

WISDOM 2010 sendiri memiliki agenda utama Colloqium in Honor of Dr Ann Dunham Soetoro dan Prof Mubyarto. Seminar ini juga merupakan bentuk penghargaan pada hasil karya kedua tokoh ini pada bidang pengembangan ekonomi kerakyatan. Sebagai informasi, Ann Dunham Soetoro merupakan ibunda dari Presiden Amerika, Barack Obama.

“Penundaan WISDOM 2010 merupakan bentuk keprihatinan dan solidaritas kami pada masyarakat luas terkait musibah letusan gunung Merapi yang sampai saat ini masih berlangsung,” kata Prof Sudjarwadi, Rektor Universitas Gadjah Mada, pada keterangannya, 8 November 2010.

Sudjarwadi menyebutkan, UGM sebagai penyelenggara utama juga berharap agar kondisi segera menjadi normal agar seluruh aktivitas masyarakat di sekitar Yogyakarta dapat berjalan kembali.

Prof Atyanto Dharoko, selaku Ketua Organizing Committee juga menyampaikan permohonan maaf atas penundaan WISDOM 2010 pada pihak-pihak terkait. “Keputusan ini harus diambil karena mempertimbangkan kondisi letusan gunung Merapi dan status wilayah Yogyakarta yang saat ini termasuk wilayah rawan dampak letusan Merapi,” ucapnya pada kesempatan yang sama.

Guna mengantisipasi bertambahnya jumlah pengungsi akibat letusan Gunung Merapi, UGM telah menyiapkan tiga tempat pengungsian bagi warga lereng Merapi yang turun ke kota. Tempat-tempat tersebut antara lain Gelanggang Mahasiswa UGM, Pusat Kebudayaan Prof Koesnadi (Purna Budaya) dan kawasan lapangan Tenis indoor, yang seluruhnya berada di lingkungan kampus UGM.

Di samping itu, UGM juga akan berkoordinasi dengan Badan Amil Zakat Nasional dan Panitia Nasional Penanggulangan Bencana. Sebagai catatan, kampus UGM terletak sekitar 25-26 km dari Merapi, sedangkan pusat kota Yogyakarta (sekitar Keraton Yogyakarta), sekitar 30 km dari gunung Merapi.

Menurut rencana WISDOM 2010 diikuti oleh 750 peserta dari 15 negara. Acara ini juga tidak hanya diadakan di kawasan kampus UGM tapi seluruh peserta dari berbagai negara akan diajak untuk menikmati beberapa tempat budaya dan sejarah di Yogayakarta seperti Candi Prambanan, Museum Ullen Sentalu, Rumah Budaya Tembi, Batik Winotosastro dan Museum Affanai.

• VIVAnews

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s