Antisipasi Lahar Dingin, Yogyakarta Siaga I

“Radiusnya masih cukup aman, dan tidak mungkin awan panas bisa sampai ke kota Yogyakarta.”

VIVAnews – Status aktivitas Gunung Merapi terus mengkhawatirkan. Setelah terus mengeluarkan awan panas atau whedus gembel, kini warga Yogyakarta harus mewaspadai terjangan banjir lahar dingin.

“Yogyakarta statusnya Siaga I. Namun hanya untuk wilayah-wilayah yang dilalui sungai Code. Ini untuk mengantisipasi terjadinya banjir lahir dingin,” kata Walikota Yogyakarta, Herry Zudianto kepada VIVAnews.com, Kamis 4 November 2010.

Menurut Herry, sangat dimungkinkan banjir lahar dingin akan mengalir disepanjang sungai Code. Situasi ini didukung adanya hujan deras yang terus mengguyur di wilayah Lerang Merapi.

“Kami meminta warga disekitar sungai Code agar mewaspadai banjir lahir dingin,” pesan walikota yang sudah dua periode menjabat ini.

Namun, sambung dia, penetapan Status Siaga I ini bukan dikarenakan bahaya akan awan panas. Pasalnya jarak kota Yogyakarta dengan Gunung Merapi lebih dari 30 kilometer. Sedangkan, imbauan dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Kementerian ESDM menetapkan zona aman sampai radius 15 kilometer.  “Radiusnya masih cukup aman, dan tidak mungkin awan panas bisa sampai ke kota Yogyakarta,” tegas dia.

Herry mengimbau agar masyarakat Yogyakarta tetap tenang dan tidak panik, hanya saja waspada terhadap terjadinya banjir lahar dingin.

• VIVAnews

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s