Pendapatan Samsung Electronics Capai Rp321 T

Pada kuartal ketiga, Samsung mengalami penurunan penjualan PC dan TV.

VIVAnews – Samsung Electronics Co. Ltd hari ini mengumumkan kinerjanya pada kuartal ketiga tahun 2010. Salah satu produsen elektronik dan semikonduktor asal Korea Selatan itu membukukan penghasilan sebesar 40,2 triliun won Korea, setara Rp321,8 triliun.

Pencapaian ini meningkat 12 persen dari akhir tahun 2009, yakni 39,25 triliun won atau Rp314 triliun. Sementara itu, laba operasional perusahaan tercatat sebesar 4,86 triliun won atau sekitar Rp38,8 triliun.

Perusahaan mengalami peningkatan profitabilitas yang dipengaruhi oleh performa yang baik pada bisnis semikonduktor, yang telah menghasilkan keuntungan operasional sebesar 3,42 triliun won. Komunikasi bisnis mobile juga mendapat sorotan dengan keuntungan yang didapatkan dari peningkatan penjualan smartphone andalan seperti Samsung Galaxy S.

“Pada kuartal ketiga, Samsung menghadapi tantangan bisnis seperti menurunnya permintaan untuk PC dan TV, bersamaan dengan lemahnya ekonomi pada pasar berkembang seperti AS dan Eropa,” kata Robert Yi, Vice President dan Head Investor Relations of Samsung Electronics, melalui keterangan resmi, Senin 1 November 2010.

“Namun, kami mencapai pertumbuhan pendapatan yang kuat dan profitabilitas dari bisnis semikonduktor memori dan meningkatnya penjualan produk smartphone baru kami,” tandasnya.

Menilik kuartal empat, permintaan di akhir tahun untuk TV dan ponsel diestimasi akan terus tumbuh. Perusahaan juga mengharapkan lebihnya pasokan pada pasar semi konduktor memori akan mengarah pada penurunan harga. Sementara harga untuk panel LCD diperkirakan trennya akan terus menurun. “Apresiasi pada won Korea saat ini juga diharapkan dapat mengurangi kesulitan pada laba kuartal empat,” tutur Robert Yi.

Samsung juga mengumumkan total modal kapital yang terpakai hingga 30 September mencapai 15 triliun won, menunjukkan 93 persen dari total modal, yaitu 18,2 triliun won untuk tahun 2010.

• VIVAnews

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s