BTel Pangkas Tarif, Semua Layanan Hanya Rp1

“Kini semuanya disatukan dalam satu tarif untuk semua layanan.”

VIVAnews – Hari ini operator telekomunikasi seluler Bakrie Telecom (BTel) membuat kejutan, dengan ‘menyatukan’ tarif semua jenis layanan.

BTel akan menerapkan satu jenis tarif untuk tarif percakapan telepon, SMS, telepon internasional, nada sambung, maupun internet, yakni sebesar Rp 1.

“Kini semuanya disatukan dalam satu tarif untuk semua layanan, yaitu Rp 1. Apa aja bisa Rp 1,” kata Wakil Direktur Utama BTel Erik Meijer, lewat siaran pers yang diterima VIVAnews, Senin 1 November 2010.

Menurut Erik, penyederhanaan satu tarif untuk semua jenis layanan Esia, diharapkan bakal makin memperkokoh posisi Esia sebagai produk telekomunikasi termurah dan inovatif, dan agar masyarakat tak repot dalam menghitung biaya yang dikeluarkan saat berkomunikasi.

Untuk panggilan telepon ke sesama pelanggan Esia, pelanggan akan dikenakan tarif sebesar Rp 1 per detik. Adapun panggilan ke luar kota, tarif tersebut menggunakan kode akses 01010.

Namun, tarif Rp 1 per detik untuk percakapan telepon ke operator GSM lokal (off-net) tersebut musti didahului proses registrasi. Tarif Rp 1 akan diterapkan hingga 10 menit pertama yang dihitung akumulatif hari itu, dan berikutnya, tarif yang berlaku adalah Rp 5 per detik.

Adapun untuk sambungan telepon internasional melalui jalur VOIP 01010, tarif Rp1 per detik akan diterapkan untuk tujuan 10 negara tujuan yang paling banyak dihubungi pelanggan Esia: Brunei, Kanada, China, Hongkong, Korea Selatan, Malaysia, India, Singapura, Thailand, dan Amerika, juga dengan melakukan registrasi.

Tarif internasional Rp 1 per detik itu juga berlaku selama 10 menit pertama hari itu dan selanjutnya berlaku tarif Rp 599/menit. Registrasi layanan Rp 1 untuk percakapan ke GSM Lokal atau Internasional dapat dilakukan dengan biaya Rp 3.000,- dan info dapat diperoleh pelanggan dengan mengirimkan SMS INFO ke 511.

Tarif SMS dari Esia ke semua operator juga akan tetap dikenakan tarif sebesar Rp 1 per karakter. Tak hanya itu, tarif serba Rp 1 juga diterapkan untuk layanan lain. Pelanggan baru Esia akan mendapat tarif akses internet sebesar Rp 1,- per 2 kb.

Pelanggan juga bisa memilih tarif berdasarkan waktu penggunaan yaitu Rp 150 per menit, yang lebih murah dari tarif sebelumnya yakni Rp 250 per menit. Setiap pengaktifan perdana Esia, pelanggan juga berhak mendapat layanan Nada Sambung sebesar Rp 1.

Pilihan Nada Sambung Rp 1 tersebut dapat dilakukan setelah pelanggan melakukan registrasi kartu prabayar ke 4444, dan berlaku selama 30 hari.

Menurut Erik, pemberlakuan tarif ini merupakan upaya Esia menerapkan transparansi tarif yang membedakannya dengan operator. Pembicaraan telepon, jarang sekali berakhir tepat pada menit tertentu. Biasanya pembicaraan berakhir dengan ada kelebihan beberapa detik, misalnya 2 menit 3 detik.

Akibatnya, Erik menjelaskan, biasanya biayanya akan dibulatkan per menit menjadi 3 menit. Oleh karenanya, Esia menyodorkan tarif yang lebih adil, dimana pelanggan membayar sesuai penggunaan. “Tarif Esia bukanlah tarif promo dan berlaku untuk semua pelanggannya. Berlaku setiap hari dan sepanjang hari.”

Yang jelas, semua tarif Esia yang disebutkan di atas adalah tarif sebelum PPN. Tarif ini berlaku nasional kepada seluruh 11,1 juta pelanggan Esia lainnya, dan diterapkan sejak hari ini, 1-11-2010.

• VIVAnews

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s