Internet Kecamatan Lintasarta Diresmikan

Menkominfo Tifatul Sembiring turut meresmikan Pusat Layanan Internet Kecamatan di NTT.

VIVAnews – Menkominfo Tifatul Sembiring meresmikan lokasi Pusat Layanan Internet Kecamatan (PLIK) pertama di Tanah Air. Peresmian PLIK yang difasilitasi oleh PT Aplikanusa Lintasarta (Lintasarta) itu dilakukan melalui Video Conference dari Pekanbaru ke lokasi PLIK di So’e, Timor Tengah Selatan, Nusa Tenggara Timur.

“Beroperasinya PLIK di Kecamatan So’e merupakan tonggak awal implementasi Internet Kecamatan dan pengembangan potensi daerah ke depan,” ujar Dirut Lintasarta Noor SDK Devi, melalui keterangan yang diterima VIVAnews, Rabu 26 Mei 2010.

Untuk diketahui, PLIK merupakan perwujudan dari visi ICT (Information and Communication Technology) Indonesia yang dicanangkan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika. Tujuan dari PLIK ini adalah terwujudnya masyarakat Indonesia berbasis informasi secara bertahap hingga tahun 2025 yang ditandai dengan Pekan Informasi Nasional (PIN) 2010. Acara ini berlangsung di Pekanbaru, Riau, sejak tanggal 23 hingga 27 Mei 2010.

“Program pemerintah ini bertujuan untuk meningkatkan sinergitas dan integrasi pengembangan dan pemberdayaan masyarakat di bidang informasi dan komunikasi sebagai wahana partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan pembangunan,” papar Noor SDK Devi.

Lintasarta terlibat karena menjadi salah satu penyelenggara program Universal Service Obligation (USO) Internet Kecamatan yang diumumkan 13 Maret silam. Ketika itu, selain Lintasarta, pemerintah juga menunjuk Telkom, Jastrindo Dinamika, dan Sarana Insan Muda Selaras.

Dengan ditandatanganinya kontrak program USO untuk PLIK paket 7, paket 8, dan paket 9 oleh Lintasarta pada 15 April lalu, maka Lintasarta bertanggung jawab penuh dalam mewujudkan kecamatan pinter di wilayah Timur Indonesia dengan menyediakan sebanyak 1.515 PLIK di Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Maluku, Maluku Utara, Irian Jaya Barat dan Papua.

“Saat ini sedang dalam proses implementasi. Diharapkan akan rampung pada akhir 2010,” kata Noor SDK Devi. Setelah program PLIK ini selesai, lanjut Devi, perseroan akan melakukan beberapa program mandiri lanjutan, yaitu memberikan pembelajaran kepada masyarakat bagaimana menggunakan Internet dan aplikasinya, penyediaan portal UKM, mengembangkan portal pendidikan bagi para anak-anak warga pedesaan terutama di sekolah-sekolah dan juga di sektor micro banking. (wm)

• VIVAnews

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s