Microsoft Siapkan Office 365 Berlangganan

Sebagai awalan, dalam waktu dekat Office 365 beta akan hadir secara terbatas di 13 negara.

VIVAnews – Microsoft mengumumkan bahwa mereka mulai melakukan uji coba Microsoft Office berbasis komputasi awan yang akan bersaing langsung dengan Google Docs di pasar software produktivitas.

Layanan baru tersebut, diberi nama Office 365, diklaim akan memudahkan pekerja dan pengguna untuk mengakses aplikasi produktivitas dari manapun menggunakan perangkat apapun, lewat browser apapun. Sebagai awalan, dalam waktu dekat Office 365 akan hadir secara terbatas di 13 negara.

“Office 365 merupakan aplikasi produktivitas serba ada, seluruhnya dalam satu layanan komputasi awan,” kata Kurt DelBene, President of the Office Division Microsoft, seperti dikutip dari DailyTech, 21 Oktober 2010.

Dengan Office 365, DelBene menyebutkan, untuk pertama kali sebuah toko roti bisa mendapatkan software dan layanan sekelas perusahaan enterprise. Di saat yang sama, perusahaan farmasi multinasional bisa mereduksi biaya sekaligus memanfaatkan teknologi terbaru. “Mereka cukup fokus di bisnisnya, biarkan kami yang mengurusi masalah teknologi,” ucapnya.

Disebutkan, Office 365 akan dapat bekerja perangkat-perangkat seperti smartphone dan iPad. Selain mendukung browser Internet Explorer, Office 365 juga dapat dijalankan dari Firefox, Chrome, dan Safari.

Office 365 untuk perusahaan dengan karyawan di bawah 25 orang akan menyediakan Office Web Apps, Exchange Online, SharePoint Online, Lync Online, dan sebuah situs eksternal dengan harga US$6 per pengguna per bulan. Bagi yang membutuhkan, layanan email tersedia dengan biaya tambahan US$2 per pengguna per bulan.

Adapun Office Professional Plus yang lengkap dengan email, voicemail, enterprise social networking, instant messaging, web portal, extranet, voice conferencing, video conferencing, web conferencing, dukungan teknis 24×7, dan lain-lain ditawarkan dengan tarif $24 per pengguna per bulan.

Microsoft akan menawarkan Office 365 secara global pada tahun 2011 mendatang di 40 negara dari berbagai kawasan. Office 365 for Education juga akan hadir di tahun tersebut bagi para pelajar.

• VIVAnews

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s