Jobs: Produsen Lain Tak Mungkin Saingi Apple

VIVAnews – Dalam sebuah conference call seputar pendapatan perusahaan, Steve Jobs, Chief Executive Officer Apple mengutarakan informasi yang menarik. Ia yakin bahwa untuk pertamakalinya, iPhone telah melewati penjualan BlackBerry dan RIM tidak bisa mengejarnya dalam waktu dekat…..

Ia juga menuduh analis telah berbohong karena menyatakan bahwa Google telah melampaui penjualan iPhone. Jobs memastikan, 275 ribu perangkat iOS diaktifkan per harinya, dibanding hanya 250 ribu perangkat Android perhari. Sebagai informasi, 275 ribu perangkat iOS sudah termasuk iPad 3G.

Steve Jobs mengakui bahwa smartphone berbasis Google sempat melampaui penjualan iPhone pada bulan Juni. Akan tetapi, pencapaian ini diraih Google karena Apple sedang berada dalam masa transisi ke iPhone 4 yang disebutnya sebagai perangkat luar biasa.

Menurut analis, iPhone 4 memang luar biasa, karena meskipun produk ini antenanya bermasalah, akan tetapi Apple berhasil menjual perangkat tersebut sebanyak 14 juta unit di kuartal lalu.

Seputar tablet komputer, Steve Jobs menyebutkan, kompetitor mereka di pasar tersebut tidak punya peluang untuk bersaing dengan iPad.

“iPad merupakan produk yang sulit ditandingi. Kami telah mengujicobanya selama dekade terakhir dan menjualnya dengan harga yang menarik,” kata Jobs, seperti dikutip dari Msnbc, 21 Oktober 2010. “Kami pasti akan memenangkan persaingan ini,” ucapnya.

Tablet Android 7 inci seperti Samsung Galaxy Tab atau Dell Streak yang akan segera membanjiri pasar dalam waktu dekat, dinilai Jobs sebagai barang yang tidak berguna di pasar. DailyTech mengutip, “Ukuran tersebut akan bermanfaat jika mereka menjualnya bersama dengan amplas sehingga pengguna bisa mengamplas jari mereka sampai seperempat ukuran aslinya,” klaim Jobs.

Jobs juga mengkritik langkah Google untuk menggunakan model open platform bagi Android, tidak seperti Apple yang memilih platform tertutup. Menurutnya, langkah seperti ini tidaklah akan berhasil.

“Dengan semakin banyaknya perangkat Android muncul, semakin banyak versi Android beredar dan semakin banyak pembuat ponsel merilis perangkat dengan antar muka yang berbeda, pasar aplikasi android akan sangat berantakan,” kata Jobs. “Pengembang perlu membuat 100 versi yang berbeda dari aplikasi yang ia buat agar dapat berjalan di lebih dari 200 ponsel,” ucapnya.

• VIVAnews

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s