6,1 Triliun SMS Beredar di Jaringan Selular

Sekitar 200 ribu SMS terkirim setiap detik di seluruh dunia.

VIVAnews – Seiring makin murahnya tarif ponsel dan mobile broadband, penggunaan mobile intenet terus meningkat. Tapi hal itu juga membuat penggunaan pesan teks SMS semakin meroket…..

Menurut prediksi International Telecommunications Union (ITU), total akan ada sekitar 6,1 triliun pesan SMS yang berseliweran di jaringan selular di seluruh dunia, hingga akhir tahun ini. Artinya, semua orang di seluruh dunia kini mengirim sekitar 200 ribu SMS setiap detik.

Ponsel kini memang sudah semakin populer. 90 persen dari populasi dunia, telah menggunakan ponsel. Di negara-negara maju, rata-rata ada 116 nomor ponsel terdaftar di setiap 100 orang.

Menurut ITU, hingga akhir tahun ini, akan ada 5,3 miliar pengguna ponsel. Bahkan badan telekomunikasi yang dijalankan oleh PBB itu, mencatat sekitar 940 juta pelanggan 3G di seluruh dunia. Padahal, pada 2005, hanya ada sekitar 72 juta pelanggan 3G.

“Penetrasi ponsel di negara berkembang saat ini mencapai 68 persen, tertinggi dari penetrasi teknologi manapun. Negara-negara ini sangat inovatif dalam mengadaptasi teknologi mobile sesuai dengan kebutuhan mereka dan mampu menarik keuntungan dari broadband melalui akses yang terjangkau,” ujar  Sami Al Basheer, Telecommunication Development Bureau Director, ITU.

ITU juga menyatakan bahwa penggunaan internet telah berlipat ganda dalam lima tahun terakhir. Dan pada akhir tahu ini, ITU memperkirakan akan ada lebih dari 2 miliar orang yang terhubung secara global melalui internet.

Jumlah orang yang mengakses internet dari rumah mereka meningkat menjadi 1,6 miliar tahun ini. Tahun lalu, hanya 1,4  miliar orang yang memiliki akses internet dari rumah mereka. Sementara, tahun ini ada 226 juta pengguna internet baru, yang 162 juta di antaranya berasal dari negara-negara berkembang.

Ini diharapkan menjadikan porsi pengguna internet dari negara berkembang meningkat menjadi 21 persen, dibandingkan 71 persen porsi negara maju. Sekitar 65 persen pengguna internet berasal dari Eropa, 55 persen di antaranya tinggal di Amerika, dan 9,6 persen berasal dari Afrika.

 

 

• VIVAnews

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s