Suplai Gas PLN Riau Terganggu Akibat Pipa Gas Kalila Bocor

Pekanbaru – Pipa gas milik PT Kalila dari gas plant menuju pasokan gas untuk PLN Riau mengalami kebocoran. Akibat kebocoran gas tersebut, suplai gas ke PLN dan akan berimbas pada pemadaman listrik di Pekanbaru.

Kepala BP MIGAS Sumatera Bagian utara (Sumbagut) di Pekanbaru, Baris Sitorus mengungkapkan……. hal itu dalam siaran persnya kepada detikcom, Sabtu (16/10/2010).

Dia menjelaskan, kebocoran pipas gas PT Kalila ini dari gas plan menuju Teluk Lembu tepatnya di Desa Melabung Kecamatan, Tenayan Raya, Pekanbaru. Lokasi kebocoran ini di perkebunan kelapa sawit PT Budi Tani. Kebocoran ini terjadi pada Jumat (15/10/2010) sekitar pukul 13:34 WIB.

“Kebocoran ini disebabkan oleh akivitas excavator milik PT Budi Tani yang tengah membangun gorong-gorong. Saat ini manajemen PT Kalila Pusat, SHE, (Bagian Keselamatan Kerja dan Lindungan Lingkungan-red) Engineering dan Operation telah melakukan evaluasi teknis,” kata Baris Sitorus.

Dia menjelaskan, tim juga sedang berupaya mengatasi dan memperbaiki pipa yang bocor tersebut. Diperkirakan untuk mengatasi kebocoran ini membutuhkan waktu waktu selama 7 hari.

“Mari kita doakan agar kebocoran tersebut dapat cepat teratasi. Kami juga menghimbau kepada masyarakat agar lebih berhati-hati dalam bekerja dalam daerah-daerah saluran pipa produksi minyak dan gas bumi, Karena apabila terjadi kebocoran sangat berbahaya dan berisiko tinggi serta tentunya juga merugikan masyarakat secara umum,” kata Baris.

Seperti kebocoran saat ini, lanjutnya, di mana suplai gas dari Kalila tersebut merupakan sumber energi untuk menghidupkan pembangkit listrik PLN.

“Dengan adanya kejadian ini menyebabkan suplai gas menjadi terhenti sehingga berdampak pada terganggunya suplai listrik yang dapat berakibat pada pemadaman listrik kepada masyarakat secara umum,” kata Baris.

sumber: detiknews.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s