Riau Baru Bebas Pemadaman Bergilir Tahun 2016

Jakarta – Provinsi Riau baru bisa bebas pemadaman bergilir di tahun 2016. Hal ini dikarenakan PT PLN (Persero) baru akan membangun pembangkit 2×100 megawatt (MW) di akhir tahun 2011 sebagai……. bagian dari proyek 10.000 MW.

Gubernur Riau Rusli Zainal mengungkapkan, pembangunan pembangkit itu akan selesai di tahun 2016 dan akan menghasilkan tambahan daya sebanyak 200 MW yang diharapkan bisa mengatasi buruknya kondisi kelistrikan di Riau.

“Listrik di Riau itu sangat jelek, elektrifikasi baru 42,62 persen masih di bawah rata-rata nasional yang sebanyak 66%. Masih sangat-sangat jelek,” ujarnya dalam diskusi di Gedung Kementerian Keuangan, Jalan Wahidin Raya, Jakarta, Jumat (15/10/2010).

Menurut Rusli, Riau sangat membutuhkan listrik yang memadai karena rata-rata pertumbuhan kebutuhan permintaan energi listrik di wilayah tersebut sekitar 12 persen per tahun.

Sebagai wilayah penghasil CPO tersebut, lanjut Rusli, kebutuhan listrik di Riau sangat penting. Untungnya, para produsen crude palm oil (CPO) tidak mengandalkan listrik dari PLN, karena menggunakan pembangkit sendiri.

Menurutnya, kebutuhan listrik para produsen CPO di wilayah Riau itu sekitar 2.000 MW. “Bisa dibayangkan dengan kondisi listrik seperti sekarang ini, mana bisa PLN sediakan sebanyak itu,” jelasnya.

Saat ini, ada lima pembangkit yang memberikan listrik kepada wilayah Riau, yaitu PLTA Koto Panjang 114 MW, PLTG Teluk Lembu 43,3 MW, PLTD Teluk Lembu 7,5 MW, PLTD Dumai/Bagan Besar 8MW dan PLTG Riau Power 20 MW. Total daya terpasang listrik dari seluruh pambangkit tersebut sebanyak 190,8 MW.

sumber: detiknews.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s