Realisasi PBB Magelang Lampaui Target

MAGELANG–MICOM: Realisasi penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) Kota Magelang, Jawa Tengah, hingga minggu ketiga Oktober 2010 yang melampaui target, merupakan……. sukses pemerintah setempat dalam mendorong warga memenuhi kewajiban membayar pajak.

Kepala Dinas Pendapatan dan Pengelolaan Keuangan Daerah Pemerintah Kota Magelang, Hardi Siswantono, di Magelang, Minggu (17/10), mengatakan, target PBB sebesar Rp3.462.612.074, sedangkan realisasi hingga minggu ketiga Oktober 2010 mencapai Rp3.483.417.926 atau 100,6%.

Ia menyatakan kesadaran masyarakat untuk membayar PBB secara tepat waktu cukup tinggi. Kota Magelang terdiri atas tiga kecamatan dengan 17 kelurahan.

Hardi mengatakan, secara berturut-turut tiga kelurahan yang penerimaan PBB-nya tertinggi adalah Kelurahan Kemirirejo mencapai 87,31 persen, Kelurahan Pajang (81,81), dan Kelurahan Magersari (79,29).

“Dengan penerimaan melampaui target ini kami berharap pada 2001 mendapat insentif dari pemerintah pusat sedikitnya Rp1 milair,” katanya.

Ia menjelaskan, selama ini pemkot setempat mendorong warga membayar PBB tepat waktu antara lain melalui program Pembayaran PBB Panutan.

“Saat pelaksanaan program itu, disediakan undian dengan pesertanya para wajib pajak, hadiahnya bermacam-macam seperti televisi dan kulkas, ini ternyata cukup sukses mendorong warga tepat waktu membayar PBB,” katanya.

Berbagai kesempatan lainnya, katanya, dimanfaatkan aparat dari tingkat pemkot hingga kelurahan untuk sosialisasi pembayaran PBB tepat waktu.

Ia mengatakan, pada era otonomi daerah berbagai pembiayaan urusan daerah menjadi tanggung jawab pemerintah daerah.

Penerimaan daerah, baik berupa pendapatan asli daerah maupun PBB, katanya, memiliki peranan penting antara lain untuk menopang kelancaran roda pemerintahan dan peningkatan pembangunan di daerah itu.

Pada kesempatan itu ia juga mengatakan, pemerintah akan mengalihkan penerimaan Pajak Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan dan PBB Perkotaan serta Pedesaan paling lambat pada 2014.

“Dengan demikian pemda sudah bisa memungut pajak-pajak itu,” katanya. (Ant/OL-3)

Mediaindonesia.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s