Korban HAM Gelar Pasar Rakyat di Depan Istana

Jakarta – Ratusan korban pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) menggelar pasar rakyat di depan Istana Merdeka. Mereka meminta presiden tidak terjangkit penyakit lupa dan mengabaikan kasus pelanggaran HAM seperti tragedi 98 dan 1965. Pasar rakyat itu disebut ‘pasar lupa’.

“Kami menolak segala bentuk transasksi politik yang menghilangkan kasus HAM. Pasar lupa ini merupakan cermin pemerintahan SBY yang lupa dan abadi dengan hak-hak korban pelanggaran HAM,” kata pengunjukrasa saat berdemo didepan istana, Jl Medan Merdeka, Minggu (17/10/2010).

Di pasar tersebut, lapak kasus HAM digelar dari zaman tragedi 1965, Nipah, Tanjung Priok 1985, hingga pergantian kekuasaan 1998. Mereka menggelar berbagai kliping koran, foto korban dan ‘menu makanan’ khas korban HAM seperti jus orag hilang, es puter trisaksi, cincau petrus dan es’ be ye.

Hingga pukul 09.30 WIB, aksi mereka masih berlangsung yang diiringi dengan orkes dangdut keliling yang ditanggap langsung.”Yang paling krusial kasus Tama. Dia dibacok, dikunjungi, lalu lupa. Mana sekarang kasus rekening gendut?” ucap Effendi Ghazali, pakar komunikasi politik yang terlibat dalam aksi tersebut.

Menurutnya, sudah tidak ada alasan pemerintah untuk melupakan. Kecuali, kata Ghazali, pemerintah memang sengaja melupakan semua kasus yang ada.

“Nanti ini akan datang lagi pada 20 oktober. Banyak alasan orang lupa. Bisa jadi karena terlalu banyak janji jadi gampang lupa. Kedua karena kurang gizi jadi  gampang lupa. Tapi ini nggak mungkinlah ya. Pakaian saja Rp 830 juta. Ketiga, karena memang tidak punya empati, tidak berani mengingatkan. Keempat karena sengaja dilupakan. Kalau ini, sengaja dilupakan,” tukas Ghazali.

“Buat pak SBY kalau mau nyawer silahkan keluar dari istana. Tarik lagi maaaang,” ucap MC acara berkelakar disusul iringan orkes dangdut yang telah parau suaranya.

Ari Saputra – detikNews

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s