DPR: Tempat Hiburan Malam Harus Ikut Kampanye Anti Rokok

Jakarta – Pergub 88 tahun 2010 tentang Kawasan Dilarang Merokok (TKDM) harus dilaksanakan semua pihak, termasuk pengelola tempat hiburan malam. Meski banyak perokok yang datang ke lokasi tersebut, kampanye anti-rokok harus tetap dilakukan.

“Semua pihak harus melakukan, instruksi tidak perlu terlalu keras. Kita harus dengan kesadaran semua pihak,” kata Wakil Ketua Komisi Kesehatan DPR, Irgan Chairul Mahfiz kepada detikcom, Minggu (17/10/2010).

Politisi PPP ini menilai, pengelola hiburan malam harus memiliki kesadaran sendiri untuk memberi pengertian pada pengunjungnya tentang aturan tersebut. Bahkan, kata dia, sosialisi bahaya rokok juga perlu dilakuka di diskotik, cafe atau tempat hiburan lainnya.

“Mereka harus sadar sendiri, dan ikut memberikan pemahamam kalau rokok itu merusak kesehatan,” tegasnya.

Terkait aturan yang akan dilaksanakan November 2010 mendatang tersebut, Irgan mendukung sepenuhnya. Dalam waktu dekat, DPR juga sedang mempersiapkan aturan serupa yang lebih nasional agar masyarakat bisa terhindar dari bahaya merokok.

“Kita ada RUU Dampak Rokok Terhadap Kesehatan. Sudah masuk prolegnas, itu akan membahas lebih rinci lagi soal rokok, dan dampak tembakau terhadap kesehatan,” paparnya.

Di DPR, lanjut Irgan, aturan tersebut harus segera dilaksanakan. Terlebih banyak ruang rapat di gedung Dewan yang ber-AC.

“Saya kira juga itu nanti perlahan harus semua tidak merokok di dalam ruangan. Di ruang sidang rata-rata ber-AC, kita sudah laksanakan,” tutupnya.

Pemprov DKI Jakarta telah mengeluarkan Pergub No 88 Tahun 2010 Tentang Kawasan Dilarang Merokok (TKDM) yang ditetapkan Tanggal 6 Mei lalu. Dalam Pergub tersebut, pengelola gedung diwajibkan untuk membongkar tempat khusus merokok yang wajib disediakan pengelola gedung sesuai ketentuan Pergub lama.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s