Beban Listrik Nasional Tambah 1.000 MW Dalam Sehari

Jakarta – Gerakan Sehari Sejuta Sambungan yang diluncurkan PT PLN (Persero) akan membuat beban listrik nasional bertambah 1.000 Megawatt (MW) pada tanggal…… 27 Oktober 2010.

“Satu juta sambungan itu kira-kira setara dengan 1.000 MW. Itu semua akan dinyalakan secara serentak pada tanggal 27 Oktober 2010,” ujar Direktur Utama PLN, Dahlan Iskan saat berbincang dengan detikFinance, Minggu (17/10/2010).

Dahlan menjelaskan, dari total satu juta sambungan tersebut, PLN membaginya berdasarkan cadangan daya yang dimiliki masing-masing wilayah. Untuk daerah yang memiliki cadangan daya cukup besar seperti Pulau Jawa, maka jatah sambungan yang diberikanpun besar.

Menurutnya, hal ini dilakukan agar tambahan beban tersebut tidak mengganggu pasokan listrik ke para pelanggan lama PLN.

“Jadi kuotanya diatur berdasarkan kehandalan pasokannya. Yang cadangannya masih besar seperti Jawa, itu dapat kuota terbesar,” ungkap Dahlan.

Lebih lanjut Dahlan memaparkan, 99% sambungan listrik dari program ini diperuntukkan bagi pelanggan rumah tangga. Sementara sisanya yaitu pelanggan bisnis, industri, dan sosial.

“Kami akan menawarkan penyambungan dalam dua jenis, yaitu listrik prabayar dan pasca bayar,” tambahnya.

Seperti diketahui,  untuk memenuhi permintaan sambungan listrik baru yang jumlahnya banyak, PT PLN (Persero) akan melakukan program pemasangan 1 juta sambungan listrik baru dalam sehari, pada 27 Oktober 2010 nanti

sumber: detiknews.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s